Senin, 18 Agustus 2008

Pengertian Penilaian Prestasi kerja

Mengembangkan dan memajukan karyawan merupakan fungsi yang paling penting dalam manajemen sumber daya manusia yaitu mengimbangi perkembangan yang terjadi dalam perusahaan. Keberhasilan pengembangannya tersebut dilihat dari hasil pelaksanaan kerja karyawan, untuk itu setiap perusahaaan perlu penilaian prestasi kerja terhadap karyawan-nya dengan melihat hasil dari pekerjaannya.
Penilaian prestasi kerja adalah proses melalui organisasi untuk mengevaluasikan atau menilai prestasi kerja karyawannya . Kegiatan ini dapat memperbaiki keputusan-keputusan dan memberikan umpan balik kepada karyawan tentang pelaksanaan kerja pada karyawan.
Dengan penilaian prestasi kerja tersebut akan dapat diketahui kemungkinan pengembangan sumber daya manusia yang bersangkutan baik melaluui pengikutsertaanya dalam program pelatihan dan pengembangan.
Dengan penilaian prestasi kerja merupakan alat manajemen sumber daya manusia di gunakan untuk mengukur kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oarganisasi pada satu periode tertentu, sekaligus untuk mengetahui tingkat kesesuaiannya dengan kebutuhan sumber daya manusia pada periode yang sama.
Menurut Henry Simamora (2001:415) mengemukakan :
“Penilaian pestasi kerja (performance Appraisal) merupakan proses yang di lakukan organisasi untuk mengevaluasikan pelaksanaan kerja individu karyawan pada organisasi selama periode waktu tertentu”.
Menurut Malayu S.P Hasibuan (2000: 86) mengemukakan :
“Penilaian Prerstasi Kerja adalah kegiatan manajemen untuk mengevaluasikan perilaku atau prestasi kerja karyawan serta menetapkan kebijaksanaan selanjutnya”.
Menurut T. Hani Handoko (2000: 135) mengemukakan :
“Penilain Prestasi Kerja adalah suatu proses dimana organisasi mengevaluasi suatu penilaian prestasi kerja karyawan dengan tujuan dapat memberikan umpan balik kepada para karyawan tentang kerja mereka”.
Dari beberapa defenisi tersebut di atas, penilaian prstasi kerja merupakan kegiatan mengevaluasikan kerja karyawan sehingga dapat diadakan berbagai tindakan yang berhubungan dengan pengembangan untuk masa yang akan dating. Adapun penilaian prestasi kerja dapat memberikan motivasi bagi para karyawan yang selanjutnya oleh perusahaan digunakan sebagai dasar untuk program mutasi jabatan dan kenaiklan gaji.

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Supported by Gold Mining News. Powered by Blogger