Rabu, 20 Agustus 2008

Mengatasi Stress Saat Bekerja

Berikut ini beberapa cara mengatasi stress yang diberikan Rebecca Bogle Ada lima cara sederhana Rebecca untuk mengatasi stres, yaitu sebagai berikut :

  1. Bernafas

Kita dapat meniru teknik pranayama dengan tarik nafas dalam-dalam selama empat detik melalui hidung, kemudian tahan sekira empat detik. Setelah itu, keluarkan secara perlahan lewat mulut. Ulangi langkah ini selama satu menit.

2. Gerak badan

Stres terkadang diakibatkan oleh suasana yang kurang cocok atau lingkungan kerja yang penuh tekanan. Hal itu membuat kita semakin mudah tertekan atau stres. Cobalah berdiri dengan merentangkan kedua tangan dan gelengkan kepala ke kanan-kiri, serta depan belakang secara perlahan.

3. Tersenyum atau tertawa

Luangkan waktu untuk menikmati hal yang disukai atau lucu. Hal itu perlu dilakukan untuk memberikan mood senang dan gembira. Senyum yang dilakukan secara otomatis akan memberikan suasana dan sikap yang positif. Dapat juga dengan membaca komik dan menonton video sekitar lima menit. Cara ini sudah cukup bermanfaat untuk mengembalikan kejernihan pikiran.

4. Rebahkan tubuh sesaat

Rebahkan tubuh untuk sesaat, diikuti dengan mengendurkan pergelangan kaki, lutut, paha, dan organ tubuh lainnya. Setelah itu beri tekanan pada otot muka dengan memainkan mimik muka. Jika memungkinkan, dapat berjemur di bawah sinar matahari pagi dengan suasana yang tenang.

5. Meditasi

Tutup mata kemudian tarik nafas dalam-dalam. Bayangkan sebuah mawar merah berada di depan. Bayangkan bunga mawar tersebut mulai membentuk daun lengkap dengan warna dan bentuknya yang umum dilihat. Rasakan bau dan aroma wanginya mengisi tubuh. Kemudian pelan-pelan buka mata untuk menjaga bunga mawar tersebut tetap hidup dalam pandangan, beberapa saat saja.

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Supported by Gold Mining News. Powered by Blogger