Senin, 25 Agustus 2008

tahap proses pembelian konsumen

Menurut Philip Kotler yang dialihbahasakan oleh Hendra Teguh, Ronny A. Rusli dan Benjamin Molan (2002:204) mengemukakan tahap-tahap dalam proses pembelian konsumen adalah sebagai berikut:
1. Pengenalan Masalah (Need Recognition)
Proses pembelian yang dimulai ketika pembeli mengenal suatu masalah atau kebutuhan. Kebutuhan tersebut dapat digerakan oleh rangsangan baik dari dalam maupun dari luar diri pembeli, dimana pembeli tersebut merasakan adanya perbedaan antara keadaannya yang nyata dengan keadaan yang diinginkan.
2. Pencarian Informasi (Information Search)
Seorang konsumen yang mulai tergerak oleh rangsangan mungkin akan berusaha mencari lebih banyak informasi. Ada kemingkinan seseorang akan aktif mencari informasi yang dibutuhkan tetapi ada juga yang tidak.
3. Evaluasi Alternatif (Evaluation of Alternative)
Setelah mengumpulkan informasi tentang berbagai merek produk yang dibutuhkannya, konsumen menentukan pilihannya dari berbagai alternative yang tersedia berdasarkan pertimbangan produk yang sadar dan rasional. Proses evaluasi konsumen bersifat kognitif yaitu mereka memandang konsumen sebagai pembentuk penilaian terhadap produk terutama berdasarkan pada pertimbangan yang sadar dan rasional.
4. Keputusan Pembelian (Purchase Decision)
Tahap evaluasi alternative menyebabkan konsumen membuat preferenai merek diantara berbagai pilihan yang tersedia. Selanjutnya konsumen membuat keputusan untuk membeli merek yang telah dipilih melalui berbagai petimbangan.
5. Perilaku Pasca Pembelian (Post Purchase Behavior)
Setelah membeli produk kosumen membentuk suatu perilaku yang menyinggung tingkat dan ketidakpuasan akan produk yang dibelinya, serta mengambil tindakan lanjutan.

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Supported by Gold Mining News. Powered by Blogger